Anak Banyumas' Blog

Jangan tanyakan apa yang bisa kita dapat,tapi tanyakan apa yang bisa kita beri

TEKNIK MEMBUAT CATATAN DALAM PROSES BELAJAR

with 2 comments

Mencatat adalah hal yang sangat penting dalam proses belajar.
Budaya belajar di perguruan tinggi kita memang belum memberikan ruang yang cukup luas untuk
membelajarkan keterampilan belajar pada mahasiswa. Dan mereka memang belum tahu
banyak tentang note taking,dan atau keterampilan mencatat. Apakah catatan yang linier, rapi
dan bila diketik dapat langsung menjadi sebuah diktat adalah catatan yang baik? Pada media apa
sebaiknya catatan kuliah dibuat? Apakah pada buku tulis, kertas binder, kertas buram, notes kecil,
atau langsung dicatat secara elektronik di laptop? Samakah metode optimal mencatat kuliah di
kelas dan mencatat telaah pustaka?
Pada saat membaca buku-buku non fiksi maupun artikel, adakalanya kita tertarik pada suatu hal
dan oleh karenanya hal tersebut kita perlukan untuk diingat-ingat. Sebagian dari kita biasanya
akan langsung mengambil stabilo, atau pensil dan mulai mencoret atau menuliskan catatan pada
halaman buku yang bersangkutan. Alangkah sayangnya bila buku yang kita corat-coret tersebut
merupakan buku yang mahal, atau buku langka.

Oleh karena itu, ada beberapa alasan untuk
membuat catatan sebagai berikut:
1. karena informasi atau ide yang dikandung Anda perlukan
2. karena Anda sayang mencorat-coret buku tersebut
3. karena kalau Anda harus mencari kembali konsep yang Anda anggap penting di buku
tersebut akan sulit
Sudarso (2006), menjelaskan beberapa manfaat catatan yaitu:
1. untuk melihat struktur bacaan
2. untuk mengutip hal-hal menarik, bermanfaat atau sesuatu yang diperlukan
3. untuk mengingat-ingat
4. untuk mencari kembali beberapa waktu kemudian
5. untuk membantuk konsentrasi dan mengerti apa yang dibaca
Adapun materi pokok yang perlu dicatat mencakup:
1. elemen kunci: ide sentral, isu-isu besar, informasi penting
2. tujuan dan asumsi pengarang tentang hal-hal tertentu
3. detail dan fakta yang bermanfaat seperti statistis dan diagram
4. materi pokok yang diikuti pertanyaan, ide dan gagasan alternatif, komentar,opini, konsep
baru yang memerlukan penjelasan dan sebagainya.

Secara umum jenis catatan dapat dikategorikan sebagai berikut:
1. koleksi fakta dan detail yang spesifik
2. ringkasan
3. kutipan, frasa, paragraf, kalimat dan kata kunci

Sumber : http://lecture.brawijaya.ac.id

About these ads

Written by susiloadysaputro

10 Februari 2010 at 1:49 PM

Ditulis dalam Tips dan keilmuan

Tagged with , , , ,

2 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. thx sobat. bermanfaat nih buat pelajar sepertiku. hehe. maklum sob. ane nggak bisa nulis cepet-cepet. coz pernah patah tulang parah.

    keep update.

    dismas070492

    12 Februari 2010 at 8:28 PM

  2. lho emang dlu prnh jatoh???

    tetep semangat!!!

    susiloadysaputro

    12 Februari 2010 at 8:42 PM


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 30 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: