Anak Banyumas' Blog

Jangan tanyakan apa yang bisa kita dapat,tapi tanyakan apa yang bisa kita beri

Anak SMP menghadapi Degradasi Moral

with 13 comments

Tulisan ini saya buat untuk mengambil award dari mba Ne, sebelumnya saya terimakasih sama minta maaf nih mba,hehe, awardnya baru diambil sekarang.

Anak SMP identik dengan putih biru, ya memang itulah mayoritas seragam mereka. Tetapi selain putih biru tersebut, anak SMP juga identik dengan emosi mereka yang masih labil. Itu karena anak seumuran mereka, belum menemukan jati diri mereka sebenarnya. Lawong saya yang uda kuliah ini, juga belum berani ngomong kalo saya uda menemukan jati diri. Kemudian bagaimana anak SMP yang notabene labil ini menghadapi degradasi moral yang marak sekarang ini?

Peran orang tua mutlak diperlukan adanya. Selain peran orang tua, diperlukan pula orang-orang dekat si anak, semisal kakak, guru, paman, dan anggota keluarga lainnya. Sebagai orang tua, memang dituntut untuk selalu memperhatikan perkembangan anaknya, baik perkembangan fisik maupun perkembangan mental. Perkembangan fisik meliputi kesehatan jasmani, dan perkembangan mental lebih menilik pada pola pikir dan tingkah laku si anak. Jangan sampai ni, kasus-kasus video porno anak SMP atau seks bebas menimpa anak atau saudara kita.

Beberapa upaya  bisa dilakukan antara lain:

1.       Awasi tontonan anak di televisi. Tidak bisa dipungkiri, televisi menjadi salah satu faktor utama yang mempengaruhi perkembangan mental anak. Usahakan acara yang ditonton anak-anak merupakan acara yang mendidik, hindari acara televisi yang berbau seks dan pornografi, biasanya yang ditayangin malem-malem nih.

2.       Awasi pergaulan anak diluar rumah. Awasi selalu anak kita bergaul dengan siapa di luar rumah. Idealnya anak SMP ya bergaul dengan anak SMP, hindari pergaulan dengan anak yang lebih tua, sepert I anak SMA. Memang tidak ada salahnya bergaul dengan anak SMA, tapi kebanyakan akan berpengaruh pada perkembangan mental si anak yang melebihi usianya. Ya kan anak SMA uda punya pola pikir sendiri. Terutama anak SMP perempuan nih, jangan terlalu deket deh ma anak SMA laki-laki,,hehe( serius ni ). Disini peran orang tua amat dibutuhkan.

3.       Ajarkan anak pendidikan agama sejak dini. Dengan pendidikan agama yang baik, terutama dirumah, si anak akan mampu memilah mana yang baik dan mana yang buruk menurut norma agama, norma kesopanan, dan kesusilaan. Karena norma agama mencakup semua norma yang ada. Kan seneng juga tuh kalo punya anak yang sholeh dan sholehah. Dan satu lagi yang jangan dilupakan, jangan enggan untuk memberikan pendidikan seks kepada si anak, tentu tepat pada waktunya.

Dan awadr estafet ini saya terusakan kepada :

1. Kebumen Jaya

2.Kalabang

3. Asopusitemus

4. Angga Blog

5. Planet Reath

Aturan Pemberitan dan Penerima Award: (copy dari Mba Ne)

  • Penerima award hendaknya membuat artikel dengan judul mengandung kata “smp” atau “anak smp” yang penting ada kata-kata “smp”.
  • Mengajak teman lain untuk sama-sama membuat artikel dengan judul yang sama atau mirip. Ajak teman minimal 5.
  • Jika bersedia/berkenan dan telah membuat artikel tersebut, silahkan meninggalkan pesan di : http://manajemenemosi.blogspot.com/2010/08/gerakan-seo-positif.html agar namanya dicantumkan dalam daftar “Blogger Pendukung Gerakan SEO Positif”.

Teman teman semua dapat melihat Para Pendukung Gerakan SEO Positif : SMP di blog Attayaya.net Membersihkan Keyword Anak SMP

Bagi teman teman semuanya yang berkenan silahkan saja mendukung meski namanya tidak tercantum di atas.. terima kasih jika berkenan untuk mendukung gerakan ini :-)

Pada akhir artikel ini, sedikit doa tercurah, semoga anak SMP di Indonesia dan diseluruh dunia dapat terhindar dari perilaku yang nantinya akan memalukan dirisendiri, keluarga dan orang lain. Dan dapat berprestasi untuk mengharumkan nama bangsa. Amiin..

Sekali lagi terimakasih banyak ni Mba Ne buat awardnya.

Written by susiloadysaputro

26 September 2010 at 12:13 PM

13 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Terima kasih sob atas awardnya, kemarin aku udah bikin, di
    http://kalabang.wordpress.com/2010/08/29/anak-smp-bugil/

    Kelabang's Blog

    26 September 2010 at 1:58 PM

  2. yah,sebagian besar memang masih labil… tapi ada juga kok yang nggak mudah terpengaruh n pendiriannya kuat :D

    dismas not dimas

    26 September 2010 at 4:33 PM

  3. wah makasih ya akhirnya bisa meneruskan juga award ini, semoga kata kunci Anak SMP bisa bersih dari SEO negatif ya.. tidak ada kata terlambat untuk memulai kok :-)
    makasih ya Ady..

    'Ne

    26 September 2010 at 7:01 PM

  4. ego semasa SMP juga sangat tinggi :mrgreen: *inilah aku*

    ●●●ЄЯШЇЙ●●●

    26 September 2010 at 11:37 PM

  5. waduh, jadi itu kenapa banyak yg nulis soal anak smp, wah kebagian juga ya ane :D

    Oke, akan saia kerjakan, tapi tentunya bukan hari ini, karena waktu yg sangat terbatas :mrgreen:

    Planet Reath

    28 September 2010 at 7:43 PM

  6. selamat mas awardnya… ;)

    srulz

    4 Oktober 2010 at 12:44 PM


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 30 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: