Anak Banyumas' Blog

Jangan tanyakan apa yang bisa kita dapat,tapi tanyakan apa yang bisa kita beri

Tutorial : Membuat CCTV dengan Gadget Android

with 4 comments

Gadget Android memang menjadi gadget yang sedang menjadi primadona di dunia saat ini. Nah android ini juga ternyata bisa dijadikan perangkat  CCTV sederhana untuk berbagai keperluan. Banyak aplikasi yang bisa didapatkan secara free alias gratis di Google Play. Namun pada kesempatan kali ini, aplikasi yang dipakai adalah IP Webcam yang banyak direkomendasikan untuk keperluan CCTV ini. Semoga bermanfaat :)

1. Langkah pertama adalah mengunduh dan menginstal aplikasi IP Webcam yang dapat ditemukan di Google Play secara gratis.

2. Setelah terinstal, buka aplikasi IP Webcam dan masuk ke Service Control – Start Server (pada bagian paling bawah) untuk mengaktifkan kamera gadget kita.

3. Langkah ketiga adalah menghubungkan gadget android anda (sebagai webcam) dengan PC/Laptop yang nantinya sebagai layar monitor. Hubungan ini dilakukan dengan mobile internet pada gadget android. Langkahnya adalah dengan membuka menu Tethering & portable hotspot pada menu Setting – Wireless and Network. Kemudian pilih apakah menggunakan kabel USB atau Wifi. Namun untuk fleksibilitas, disarankan menggunakan Wifi agar gadget dapat dipindahkan semau anda. Kemudian  koneksikan PC/Laptop anda.


4. Pada layar gadget anda, setelah melakukan Start Server pada aplikasi IP Webcam, pada bagian bawah akan terlihat sebuah alamat website Android Webcam Server yang terdiri dari IP Adress dan Port yang digunakan ( contoh  http://10.35.115.206:8080 ). Catat dan buka alamat tersebut pada browser. Hal tersebut dilakukan untuk memilih cara mengakses kamera gadget android dari PC/laptop sesuai apa yang anda diinginkan.

5. Setelah terbuka pada laman browser, anda akan dihadapkan pada pilihan-pilihan untuk mengkases kamera gadget anda. Pilih sesuai keinginan anda. ( Kalau saya memilih pilihan Open stream in media player, such as VLC karena aksesnya yang mudah). Klik pada pilihan Anda.

6. Sebagai contoh pada pilihan Open stream in media player, such as VLC, anda akan mendownload file media player yang besarnya hanya 71 bytes (playlist.m3u)

7. Kemudian buka file tersebut menggunakan VLC Media Player, Sekarang  anda bisa mengakses kamera gadget anda melalui layar PC/laptop anda.

Dan anda telah memiliki perangkat CCTV dengan menggunakan gadget android anda :)

About these ads

Written by susiloadysaputro

30 September 2012 at 12:29 AM

4 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. makasih info nya mas,ternyata bisa juga buat CCTV nya :)

    Banyumas Iklan

    8 Oktober 2012 at 9:31 AM

  2. permisi numpang tanya,kl ip webcamnya dilihat lewat android yang lain bisa gak mas? jadi biar bisa dimonitor dimana saja,kl bisa gimana caranya?
    ..trimakasih

    irawan

    14 Oktober 2012 at 8:30 PM


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 30 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: