Anak Banyumas' Blog

Jangan tanyakan apa yang bisa kita dapat,tapi tanyakan apa yang bisa kita beri

Ada Robot di Kebun Raya Bogor

leave a comment »

Hari Sabtu  30 Januari 2009, tempat wisata Kebun Raya Bogor terlihat ramai seperti hari-hari yang lain. Mulai dari pedagang, pelancong, maupun orang setempat yang iseng jalan-jalan meramaikan emperan lokasi kebanggaan warga Bogor tersebut. Tapi ada sesuatu yang membuat hari itu tampak lebih dari biasanya, apa itu???Ada robot di Kebun Raya Bogor???

Hehe, q certain ne kejadian pas hari itu, sebenernya bukan robot  asli yang ada di situ, tapi lebih tepatnya anak-anak pembuat robot, Tim Robot Universitas Indonesia (TRUI), hari Sabtu itu TRUI lg ngadain acara konsolidasi anggota TRUI. Pesertanya mulai dari anggota tim inti sama anggota muda. Tujuan acara ini mungkin lebih ke-mengakrabkan antar anggota TRUI, anggota lama maupun anggota yang baru. Mungkin juga karena dalam waktu dekat ini ada Kontes Robot Indonesia (KRI), Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) dan Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI) yang akan diikuti oleh TRUI.

Anak-anak TRUI ( sekitar 40an yg ikut) ngumpul di stasiun UI sekitar jam 8, niatnya mau berangkat bareng2 ke Bogornya. Kita berangkat naik kereta ekonomi trayek UI – Bogor n’ kita ckup beli tiket 2000 perak untuk bisa nyampe di kota sebelah (ya wlpun desak-desakan, ATI-ATI COPET!!!!).Jam stengah 10 kita berangkat, nyampe sana sekitar jam 10..Nyampe sana, Astagfirullah panasnya bukan main, ga ada mendung, apalagi ada ujan, ditambah sumpeknya pasar dipinggir –pinggir jalan. Dilanjutkan dengan berjalan sejauh 500 mter, barulah kita disambut sama pintu gerbang Kebun Raya Bogor. Waktu itu kita masuk cuma membayar 5000 rupiah n’ sisanya disubsidi sama TRUI ( hehe, sebenernya kurang tau si, subsidi atau diskon, lumayan lah). Pada awalnya Kebun Raya Bogor tak kira Cuma ada gedung + halaman yang penuh rusa,”ngapain si kesini???”pikirku waktu itu. Tapi setelah masuk..Woow..lebih mirip hutan si daripada kebun, walaupun ada tamannya juga yang anak-anak banyak main disitu.

Langsung ke acara konsolidasi..Acaranya itu sebenernya cuma main-main tok, lebih Cuma sekedar mengakrabkan anggotanya. Acaranya mulai dari games, sharing, n’ terakhir wisata.

  1. Games

Ada sekitar 4 games waktu itu,. Banyak manfaat si sebenernya yang bisa aku ambil dari kegiatan itu. Mulai dari kerjasama, toleransi, saling percaya, n kerja keras. Tapi yang paling diutamain dari acara itu menurutku lebih agar anggota-anggota baru saling kenal. Ya aku juga ikut ngrasain manfaat itu, wlpun cuma bisa inget 1 atau 2 orang nyampe sekarang, hehe(Maaf teman2 TRUI).

  1. Sharing

Acara ini barupa curhat-curhatan gitu lah. Dari peserta, kemudian dari panitia. Yang paling mengena tu pas dapet tausiah(hehe) dari anggota senior Kak Vektor (2006), dia bilang kalau kita itu Robotic Engineer, bukan cuma ahli bidang elektrik, mekanik, maupun artificial intelegence(AI). O ya sebelumnya q kasi tau dulu kalo di TRUI itu ada 4 divisi : elektrik, mekanik, AI, non teknis. Kita sebagai anggota TRUI disalahkan apabila kita hanya menguasai salah satu point, sebagai Robotic Engineer kita dituntut menguasai semuanya..Hebat!!!

  1. Wisata

Ada dua tempat yang kita kunjungi. Yang pertama Zoologi Museum, letaknya di sekitar kompleks Kebun Raya juga. Kaya namanya, dimuseum itu isinya jenis2 binatang yang diawetin, ada rangka ikan paus yang super besar nyampe awetan badak priangan yang udah punah..Tempatnya bagus deh buat studi.(aku rekomendasikan, hehe). Yang kedua masuk kebun lagi liat bunga bangkai, tapi sayangnya bunganya ga lagi mekar.

Acara selesai dan kita pulang, beli tiket Bogor-Jakarta, kita turun di stasiun UI, Sabtu sore bikun udah ga jalan, terpaksa ke kober nyari angkot, terpaksa deh bayar 2000 perak buat angkot, jam 7 krang seperempat aku udah nyampe asrama lagi.

Written by susiloadysaputro

1 Februari 2010 pada 9:33 PM

Ditulis dalam Cerita & Informasi

Tagged with , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: