Anak Banyumas' Blog

Jangan tanyakan apa yang bisa kita dapat,tapi tanyakan apa yang bisa kita beri

Memperlakukan Kamus Layaknya Buku Bacaan..

leave a comment »

Kamus..sebuah buku dengan daftar kata yang tersusun secara alfabetis, terangkum makna yang secara semantik menjelaskan kata bercetak tebal yang biasanya berada di samping kanan ataupun di atasnya. Untuk orang seperti aku, dan mungkin kebanyakan orang, menganggap bahwa kamus menjadi salah satu kategori bacaan yang sangat sangat  sangat membosankan. Atau bahkan tak seorang pun yang sengaja membuka kamus untuk membacanya dari awal sampai akhir???

Ya. Mungkin kebanyakan dari kita, atau bahkan kita semua, selama ini hanya membuka kamus untuk sekedar mencari satu atau dua kita yang kita tidak tau maknanya, kita menganggap kamus  itu hanyalah alat bantu penerjemah bahasa yang hanya “boleh” dibuka pada saat yang dibutuhkan. Apalagi pada jaman modern saat ini sangat mudah untuk mencari penerjemah elektronik yang menyediakan banyak kemudahan pada penggunanya. Ribuan deret kata yang tak membentuk cerita apapun membuat kita kurang tertarik untuk membacanya, tetapi pada hakikatnya kamus termasuk salah satu buku bacaan yang seharusnya kita perlakukan layaknya buku-buku lain = membacanya dari awal sampai akhir.

Sedikit ilmu ini aku dapatkan setelah aku selesai membaca sebuah novel motivasi pendidikan. Dan sepertinya step-step yang nantinya aku paparkan dibawah memang sangat berguna dan efektif untuk mempelajari suatu bahasa asing, yaitu pembelajaran menggunakan kamus.

Kita yang menggunakan kamus hanya untuk mencari sebuah kata sebenanya merupakan kekeliruan dalam menggunakan kamus. Layaknya buku-buku bacaan yang lain, kamus juga perlu untuk dibaca dari awal sampai akhir, dari A – Z.

Berikut salah 3 tips untuk menguasai bahasa asing menggunakan kamus :

1. Bacalah kamus dari awal sampai akhir.

Kamus juga buku yang perlu ditamatkan. Cukup membacanya, jangan dihapalkan, hal itu akan mengurangi kemalasan untuk membaca kamus. Jangan pikirkan sebanyak apa kosakata yang akan kita ingat setelah tamat membaca kamus. Pokoknya cukup dibaca.

2. Tandai kosakata yang sering dipakai.

Setelah menamatkan kamus kita,,waktunya untuk mengulang,hehe. Tapi ada tambahan, yaitu menandai kosakata-kosakata yang sering digunakan.

3. Tulis kosakata yang sering dipakai.

Sekali lagi..setelah semua telah dibaca dan ditandai pada step 2, ulangi sekali lagi dengan mencatat kosakata yang sering dipakai. Mungkin akan dianggap sangat tidak efektif, mengapa tadi pada step 2 tidak langsung ditulis dan hanya sekedar ditandai. Tapi mungkin alur yang banyak memberikan manfaat yang seperti itu, berurutan step 1-2-3 (hehehe, ^_^)

Nah diatas hanyalah sedikit tips dan metode dari jutaan metode untuk menguasai bahasa asing. Dan aku sadari tidak semua orang akan cocok dengan tips ini, dan harapannya tips ini menjadi salah satu hal yang perlu dicoba bagi temen-temen yang belum menemukan metode yang pas dalam belajar bahasa asing.

Written by susiloadysaputro

4 Februari 2010 pada 9:24 PM

Ditulis dalam Tips dan keilmuan

Tagged with , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: