Anak Banyumas' Blog

Jangan tanyakan apa yang bisa kita dapat,tapi tanyakan apa yang bisa kita beri

Anggukan Universal

leave a comment »

Halo temen-temen, disini ada sedikit permainan, cuma main tanya jawab ringan aja kok. Permainan ini juga akan membuktikan satu hal, tapi ntar akan aku kasi tau di akhir permainan, hehehe. Aku mohon, tolong jawab pertanyaan dibawah ini dengan suara hati temen-temen :
1. Anda sedang makan dipinggir jalan, tiba-tiba seorang anak perempuan kecil berumur lima tahun berdiri tepat didepan anda, menatap makanan yang anda pegang dengan penuh harap. Suara hati apa yang muncul dalam diri anda pada saat itu???
2. Bayangkan, saat anda berjalan sendiri ditengah taman yang indah, Anda melihat sebuah keluarga : ayah, ibid an 2 anaknya yang masih sangat kecil dan lucu sedang bercengkrama dengan riang gembira. Suara hati apa yang hadir dalam diri anda pada saat itu?
3. Coba bayangkan situasi ini : Salah satu teman sekolah anda dikirim oleh sekolah untuk mengikuti training selama satu minggu, sedangkan Anda sendiri tidak dipilih. Apa yang anda rasakan??
4. Kemudian setelah satu minggu teman Anda pulang dengan memperlihatkan sertifikat trainingnya kepada anda. Suara hati apakah yang timbul dihati Anda?
5. Anda sedang berada di suatu ruangan bersih dengan lantai marmer berkilat. Tiba-tiba anda melihat sebuah kertas kotor diwah kaki anda. Suara hati apa yang anda rasakan???
6. Kemudian ada seseorang yang membuang putung rokok seenaknya disana. Suara hati apa yang muncul dihati Anda??
7. Dalam sebuah perjalanan, Anda melihat ada seorang pemuda sedang menjambret tas seorang wanita tua. Perasaan apa yang muncul saat itu??
8. Namun ketika Anda sadari bahwa penjambret tersebut membawa sepucuk pistol, apa yang anda rasakan??
9. Anda sedang berada ditengah kebun yang hijau,kemudian melihat sekuntum bunga yang berwarna merah,jingga dan ungu. Apa yang anda rasakan?
10. Tiba-tiba seorang pemuda memetik bunga itu dengan kasar. Apa yang anda rasakan?

Nah temen-temen, pertanyaan2 itu sebenernya merupakan bagian pidato dari perlombaan pidato internasional di Bali tahun 1999. Pertanyaan itu juga ditujukan untuk semua juri perlombaan itu. Pada saat dibacakan jawaban dari pertanyaan2 itu, semua juri terlihat mengangguk-angguk. Demikian suara hati yang temen-temen rasakan, akan sama dirasakan oleh semua manusia didunia. Entah itu kaya,miskin, agama maupun suku apapun juga. Hal itu membuktikan bahwa seluruh manusia akan merasakan suara hati yang sama jikalau berada dalam kondisi yang fitrah.
Berikut adalah jawaban-jawaban suara hati tersebut :
Jawaban 1. Adalah suara hati anda yang mendorong Anda untuk memberi makanan anda kepada anak kecil tersebut.
Jawaban 2. Adalah suara hati perasaan kasih dan sayang, saat menangkap rona kebahagiaan serta kasih sayang diwajah-wajah mereka.
Jawaban 3. Adalah suara hati yang mengatakan bahwa Anda juga ingin maju, hingga anda juga merasa ingin mengikuti training tersebut.
Jawaban 4. Adalah suara hati yang membisikan rasa ingin tahu akan ilmu tersebut. Bahwa anda juga ingin mengetahui materi training yang telah diperoleh oleh teman anda tersebut.
Jawaban 5. Adalah suara hati ingin bersih, sehinggga anda merasa perlu untuk memungut sampah itu.
Jawaban 6. Adalah dorongan hati untuk memelihara, dimana anda merasa perlu untuk melarang membuang putung rokok ataupun mengambil dan membuangnya ditempat sampah.
Jawaban 7. Adalah dorongan hati untuk menolong wanita tua tersebut.
Jawaban 8. Adalah suara hati untuk menolong sekaligus berhitung ketika Anda harus berpikir secara matang untuk menolong wanita tersebut.
Jawaban 9. Adalah karunia hati yang bisa merasakan keindahan ketika anda melihat bunga yang berwarna-warni itu.
Jawaban 10. Adalah suara hati yang menyuruh Anda untuk memelihara dan melindungi bunga indah tersebut.

Apakah jawaban temen-temen juga sama dengan jawaban diatas???

Sumber : ESQ , THE ESQ WAY 165 : Ary Ginanjar Agustian.

Written by susiloadysaputro

9 Februari 2010 pada 10:30 AM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: