Anak Banyumas' Blog

Jangan tanyakan apa yang bisa kita dapat,tapi tanyakan apa yang bisa kita beri

Valentine, apakah bermanfaat????

leave a comment »

Tanggal 14 Februari, tanggal yang terlihat biasa, namun tanggal ini cukup mendapat apresiasi yang besar dari beberapa kalangan, terutama anak-anak muda. Ya, tanggal ini bernama valentine.

Valentine (yang aku pun ga pernah merayakannya,hehe) banyak dikenal orang sebagai hari kasih sayang, hari terbaik dari 359 hari yang lain untuk menyatakan cinta (katanya) entah itu kepada keluarga, pacar, teman atau yang lain, hari yang mengenakan bagi penggemar cokelat, dan banyak persepsi lainnya. Dari pengalamanku sebelum-sebelumnya melihat orang yang merayakan valentine, lebih terlihat sebagai hari pengungkapan kasih sayang dan cinta. Yang banyak aku lihat adalah pengungkapan kasih sayang pada teman-teman, mungkin karena dulu lingkunganku lingkungan sekolah. Tapi dari cerita-cerita, sinetron, film, aku menyimpulkan sendiri kalau hari valentine banyak digunakan untuk menyatakan cinta kepada kekasih, hanya sekedar itu. Sebenernya aku sendiri kurang tau mengenai valentine, dari sejarah, tujuan, manfaat dari perayaan valentine pertama kali, tapi yang aku tahu sekedar valentine yang ada sekarang, yang menurutku kurang bisa diambil manfaatnya oleh banyak orang. Mungkin ada anggapan lain???

Tapi apakah cuma hal sepele seperti itu yang bisa diambil dari power valentine yang telah mempengaruhi banyak orang itu???

Valentine merupakan hari pengungkapan kasih sayang kepada orang-orang terdekat.Perayaan ini selalu identik dengan “ritual” pemberian coklat sebagai simbol kasih sayang. Valentine ini sebenarnya telah masuk ke masyarakat Indonesia sudah begitu lama, dan sekarang terlihat telah mengakar pada sebagian besar kalangan, terutama anak muda. Kebanyakan orang pada tanggal 14 Februari ini saling tukar menukar coklat, memang sekilas seperti hal yang wajar, tetapi hal yang membuat aku heran adalah biaya yang mereka keluarkan “hanya” untuk coklat itu. Memang ada yang memberi coklat yang biasa-biasa aja, tapi tidak jarang mereka sampai membeli cokelat dengan harga ratusan ribu sampai dengan jutaan rupiah hanya untuk valentine. Gila!! Memang sebagian orang pasti ada yang menganggap “sirik amat lu, uang juga uang gue, apa urusan lu”, tapi apakah uang itu tidak bisa dipakai untuk hal yang lebih bermanfaat daripada “sekedar” untuk memberikan coklat kepada sang kekasih. Apakah ada yang berpikir kalau diluar sana banyak orang-orang yang lebih membutuhkan sedikit rezeki kita yang malah kita gunakan untuk membeli coklat itu???

Kalau boleh main hitung-hitungan sedikit, missal dalam satu propinsi hitung saja 5000 orang merayakan valentine. Mereka berbondong-bondong membeli coklat dengan harga Rp10.000,terhitung pada hari itu uang terkumpul 5000×10.000 = 50.000.000 dan kalau Indonesia punya 33 propinsi maka jumlah uang yang dikeluarkan untuk coklat 33×50.000.000 = 1.650.000.000. 1 milyar 650 juta rupiah, uang yang dikeluarkan dalam satu hari hanya untuk coklat. Padahal ada jutaan keluarga yang pada tanggal 14 Februari untuk mencari uang 10 ribu saja susahnya bukan main. Ironis…Coba bayangkan kalau uang sejumlah itu kita sedekahkan kepada orang-orang yang kurang mampu, pasti akan sangat lebih bermanfaat dan akan sangat membantu mereka. Daripada kita keluarkan hanya untuk coklat???

Di artikel ini,aku hanya menyarankan bagi temen-temen yang merayakan valentine, untuk memaknai momen ini dengan lebih bijak, bukan hanya berbagi kasih sayang kepada kerabat terdekat, tapi juga MEMBAGI KASIH SAYANG DENGAN ORANG-ORANG YANG KURANG MAMPU. Uang yang semula untuk membeli coklat, alangkah baiknya kalau kita berikan untuk orang yang lebih membutuhkan. Aku berikan apresiasi yang sangat besar buat temen-temen yang sudah melakukan hal seperti itu, bagi yang belum, mulailah berpikir untuk berbagi dengan orang lain.

Written by susiloadysaputro

14 Februari 2010 pada 12:00 AM

Ditulis dalam Cerita & Informasi, opini

Tagged with , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: