Anak Banyumas' Blog

Jangan tanyakan apa yang bisa kita dapat,tapi tanyakan apa yang bisa kita beri

Tips Memilih Perguruan Tinggi

with 3 comments

Pendidikan memiliki peran yang penting dalam kehidupan, bagaimana tidak? Pendidikan paling tidak dapat menyumbang pola pikir kita dimasa depan untuk menjadi yang lebih baik. sehingga kita dapat lebih mudah menentukan langkah ketika kita menemui berbagai macam hambatan, tantangan, bahwa dengan pendidikan kita menjadi bisa bekerja dengan penuh profesional.  namun  pendidkan bukan merupakan satu-satunya gerbang menuju kesuksesan. anda tentu setuju!. walaupun demikian dalam memilih perguruan Tingggi harus di perhatikan agar kita tidak salah langkah. berikut tips-tipsnya:
1. MINAT
Faktor utama yang harus kamu ketahui adalah minat kamu sendiri. karena dengan meiliki minat kamu ke program studi, akan semakin memudahkandalam memilih perguruan tinggi dan yang lebih penting kamu akan mudah dan terpacu untuk menyelesaikan studimu.
2. BIAYA
Seringkali universitas yang kita inginkan tidak  sesuai dengan keadaan keuangan orang tua tu kita. Kuliah di Perguruan Tinggi memiliki beberapa hal-hal biaya yang harus diperhatikan : diantaranya biayanya seperti  uang pendaftaran, uang gedung, spp, uang
praktikum, dll. Yang lebih nggak bisa diperkirakan adalah biaya mendadak seperti fotokopi, beli buku, ataupun transportasi. yang perlu juga dipertimbangkan adalah apabila kita kos karena faktor jarak.
3. PROSPEK MASA DEPAN
jurusan yang dipilih dipertimbangkan bagaimana prospeknya diamas yang akan datang. percuma kan? kalau setelah lulus kamu nganggur?
4. REPUTASI KAMPUS
Memilih PT tidak hanya karena terkenalnya saja. tetapi juga perlu diperhatikan reputasinya/ nama baiknya di dunia pendidikan dan didunia kerja.
5. AKREDITASI PROGRAM STUDI
Pada  tahun-tahun sebelumnya kamu kenal dengan status disamakan, diakui taupun terdaftar, sekarang ini ada yang dinamakan dengan status akreditasi. . Status ini diberikan untuk program studi yang diselenggaran dan bukan pada keseluruhan jurusan/program studi pada suatu perguruan tinggi. Status
akreditasi ini menentukan kemandirian suatu program studi dalam melaksanakan proses belajar mengajar.
biasanya dalam Penadftaran CPNS juga ditanya akreditasi prodi kampus, minimal memiliki akreditasi B.
6. JALUR DAN JENJANG PENDIDIKAN
Saat ini banyak sekali program pendidikan dengan berbagai jangka waktu tempuh pendidikan. Untuk itu
Untuk Indonesia, kita memiliki 2 jenjang jalur pendidikan yaitu jalur akademik (strata 1, 2, 3) serta jalur profesional (diploma 1, 2, 3). Jalur akademik menekankan pada penguasaan ilmu pengetahuan, sedangkan
jalur profesional menekankan pada keahlian tertentu. Tapi ingat, kamu juga harus bisa membedakan antara jalur diploma yang diselenggarakan oleh suatu perguruan tinggi dan jalur diploma yang
diselenggarakan oleh lembaga kursus. Biasanya lembaga kursus akan menjaring siswanya dengan mengiming-imingi kata-kata ”setara” diploma 1, diploma 2 atau diploma 3. Pada kenyataannya sertifikat yang akan kita terima tidak dapat  gunakan untuk transfer/alih pendidikan di
perguruan tinggi lain. Hal ini karena sertifikat yang dikeluarkan oleh lembaga kursus hingga saat ini belum diakui untuk dapat disetarakan dengan diploma dari perguruan tinggi.
7. FASILITAS PENDIDIKAN
Hati-hatilah dengan tampilan fisik.  Gedung megah dan ber-AC saja tidak cukup untuk menjamin berlangsungnya proses belajar mengajar yang baik. Fasilitas utama yang harus kami ketahui dalam suatu perguruan tinggi adalah seberapa baik dan bagusnya fasilitas seperti laboratorium (komputer, akuntansi, bahasa, dan lain-lain), studio dan perpustakaan yang dimiliki.

8. LINK KE DUNIA KERJA

biasanya ada bursa khusus alumni kampus tertentu, jadi alumninya cukup datang ke kampus/ perusahaan yang menjalin hubungan dengan kampus kita. jadi lebih mudah untuk proses memasuki dunia kerja.

sumber : http://id.shvoong.com

Written by susiloadysaputro

18 Februari 2010 pada 9:34 PM

Ditulis dalam Tips dan keilmuan

Tagged with , , ,

3 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Saya dulu milih universitas gimana ya? Tambahan nasihat, di mana pun anda berada yang penting berprestasi, buatlah menjadi diri yang unggul apa pun bidangnya.

    yantiyuliantiblog

    22 Februari 2010 at 10:23 AM

  2. sesuai kata hati dulu pertama😀

    ilham

    5 Mei 2010 at 10:16 PM


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: