Anak Banyumas' Blog

Jangan tanyakan apa yang bisa kita dapat,tapi tanyakan apa yang bisa kita beri

BJ Habibie : Filsafat dan Teknologi Untuk Pembangunan

with 4 comments

Jum’at 12 Maret 2010, kampus UI Depok tercinta terlihat berbeda dari biasanya. Sekitar pukul 09.00 mobil-mobil hitam terlihat hilir di jalan depan fakultas hukum UI, mobil-mobil itu terlihat menuju ke arah Balai Sidang Universitas Indonesia.

Ya hari ini, dalam rangka perayaan 161 tahun Universitas Indonesia (Sejak Dokter Djawa School)  dan 60 tahun penggunaan nama “Universitas Indonesia”, diselenggarakan Acara Kuliah Umum (Stadium Generale) dengan tema “Filsafat dan Teknologi Untuk Pembangunan. Sebagai pembicara dalam Kuliah Umum ini adalah Prof.Dr.Ing. BJ Habibie, dan moderator Prof.Dr.Ir.Mohammad Nasikin, M.Eng.

Acara dibuka pada pukul 09.00 WIB oleh Rektor Universitas Indonesia, pada kesempatan itu beliau sedikit menceritakan perkembangan Universitas Indonesia dari masa ke masa. Sambutan dari Rektor kurang lebih berlangsung selama 30 menit dan kemudian dilanjutkan.

Kuliah Umum Prof.Habibie berlangsung sekitar 2 jam 15 menit. Berikut rangkuman yang bisa ditangkap ketika penulis mengikuti acara tersebut :

Dalam Kuliahnya, Beliau mendefinisikan teknologi sebagai “cara dan teknik untuk mendapatkan apa yang diinginkan dengan pengorbanan minimal” . Sifat teknologi yang merupakan murni hasil pemikiran manusia, menyebabkan teknologi sangat dekat dengan filsafat. Dan kedua ini, teknologi dan filsafat adalah dua hal penting dalam penunjang pembangunan yang berkesinambungan. Teknologi dan filsafat ini harus bersinergi untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

Beliau juga menjelaskan bahwa “teknologi tidak hanya dapat menjawab permasalahan pada waktu dan tempat yang tertentu saja, namun dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan metafisik itu sendiri. ( Heidegger, 1962)”. Pada hakikatnya perkembangan teknologi didorong oleh kelemahan manusia itu sendiri dalam menghadapi tantangan lingkungan. Dalam ceramahnya, Beliau merincikan bahwa teknologi didapat paling tidak dari 2 disiplin ilmu, yaitu ilmu alam dan ilmu eksperimen yang menciptakan rangkaian dari beberapa ilmu terapan (teknologi).  Yang harus digarisbawahi bahwa secanggih apapun akan berarti bila berada pada kondisi yang mendukung(bisa dimanfaatkan oleh masyarakat).

Dalam dunia yang serba canggih sekarang ini, ternyata teknologi tercipta karena terinspirasi oleh mekanisme-mekanisme alam.

Pada kesimpulannya, beliau memeras kuliahnya menjadi beberapa point utama, yaitu:

Dalam pembangunan yang berkualitas dan berkesinambungan hanya dapat terlaksana apabila faktor-faktor dibawah ini terpenuhi :

1. Memiliki Sumber Daya Alam yang terbaharukan maupun tidak terbaharukan.

2. Memiliki energi fosil dan non-fosil.

3. Memiliki Sumber daya manusia yang mempunyai kemampuan untuk mengembangkn dan mengandalikan teknologi.

Written by susiloadysaputro

15 Maret 2010 pada 10:27 AM

Ditulis dalam pendidikan, Tips dan keilmuan

Tagged with , , , ,

4 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. sayang pak habibie yg dulu dielu-elukan oleh ibu saya “besok jadi kayak pak habibie ya nak,…” sekarang memilih hidup di jerman

    Jual Internet Unlimited Murah

    A.J.I

    15 Maret 2010 at 2:28 PM

  2. salah satu potensi anak bangsa yang ngga dimanfaatka maksimal dalam pembangunan negara😦

    deborneo15

    23 Maret 2010 at 2:06 PM

  3. Ass. Sodara-sodara setanah air tercinta, Itu benar potensi anak bagsa yang sesunguhnya sangat besar akan tetapi sangat disayangkan belum adanya wadah ataupun pengarahan yang menunjang itu semua.
    dan tolonglah Bapak BJ.Habibie pulanglah ke tanah air tercinta ini dan tolong juga bimbinglah putra putri pertiwi ini menjadi sosok yang berguna dan membangkakan bagi bangsa Indonesia tercinta ini, by Ulum.

    Saiful Ulum

    7 April 2010 at 7:40 PM

  4. kita pun bisa seperti beliau..amiiinnn,…

    beliau sring jg mengisi kuliah umum di kampus kok…baruntung bisa berbagi ilmu dengan salah satu putra terbaik indonesia

    susiloadysaputro

    8 April 2010 at 9:03 AM


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: