Anak Banyumas' Blog

Jangan tanyakan apa yang bisa kita dapat,tapi tanyakan apa yang bisa kita beri

Sekolah Kedinasan = Gudang Preman??

with 3 comments

Topik mengenai kekerasan di institusi pendidikan memang sudah banyak sekali di bahas. Dalam tulisan sebelumnya juga pernah dibahas mengenai kekerasan ini ketika ramai merebak video kekerasan di STIP ( Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran ), kini muncul lagi berita serupa, bedanya terjadi di Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug, Tangerang. Dalam acara Opini yang disiarkan oleh Tvone tanggal 7 Juli 2010 sempat dibahas masalah serupa dengan mendatangkan narasumber dari kalangan sosiolog dan mahasiswa. Kasus anyar ini seakan  menandakan kekerasan di dunia pendidikan seperti  tidak ada habisnya. Anehnya, kasus-kasus seperti ini banyak terjadi di sekolah-sekolah  kedinasan. Kalau terus seperti itu, bolehkah saya menyebut sekolah kedinasan sebagai gudang preman?

Menurut salah satu narasumber, kekerasan seperti ini bermula dari sekolah-sekolah militer, tetapi lama kelamaan bentuk pendidikan ini diadopsi oleh kebanyakan sekolah kedinasan. Dianggap wajar memang kalau kekerasan seperti ini dilakukan di sekolah militer, karena memang dituntut ketahanan fisik yang baik dari para taruna karena bidang kerja mereka nanti akan berbau fisik juga. Tetapi bagaimana dengan sekolah sipil?? Bidang mereka nanti  tidak memerlukan kekuatan fisk yang lebih,,kamudian buat apa kekerasan harus ada dalam proses pendidikan tersebut?

Disaat sekolah-sekolah militer mulai meninggalkan kekerasan seperti ini, sekolah-sekolah sipil malah semakin merebak penerapannya. Bukan hanya telah menjadi tradisi, tetapi sudah mendarah daging, sehingga sangat sulit menghapuskanya.

Perlu ada tokoh dari kalangan mahasiswa sendiri yang menyadarkan mahasiswa lain yang melakukan kekerasan. Dosen dan kalangan lain dalam kampus dinilai kurang bisa berperan dalam pengentasan masalah ini. Perubahan harus dilakukan. Ayolah segera sadar kalau bukan pendidikan seperti itu yang akan memajukan bangsa. Kampus seharusnya menjadi tempat yang menunjukan bahwa orang Indonesia adalah orang yang beradab dan berkarakter.

Tetap Maju Pendidikan Indonesia!!

Written by susiloadysaputro

8 Juli 2010 pada 12:09 PM

Ditulis dalam opini, pendidikan

Tagged with , , ,

3 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. yah, seharusnya bukan kekerasan… tapi kedisiplinan, ketegasan dan yg sejenis itu… met siang bro… Akhirnya nongol juga…🙂

    dismas not dimas

    8 Juli 2010 at 12:40 PM

  2. betul betul betul sekali..

    iya ni…uda lama kosong,hehee
    maksi brad,,

    susiloadysaputro

    8 Juli 2010 at 2:18 PM

  3. tancap gasssssssssss, . ,

    gilangmanyun

    10 Agustus 2010 at 1:49 AM


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: