Anak Banyumas' Blog

Jangan tanyakan apa yang bisa kita dapat,tapi tanyakan apa yang bisa kita beri

Indonesia Bakal Pindah Ibukota

with 14 comments

Lihatkah temen-temen berita Seputar Indonesia tadi pagi?? Ada sebuah berita yang menarik mengenai wacana untuk memindahkan ibukota negara, bukan lagi di Jakarta. Memang wacana ini bukan pertama kali muncul,,pada suatu artikel bertahun 2008 pun telah ada yang  menyebutkan bahwa 10 tahun lagi ibukota harus dipindahkan. Kenapa bisa muncul wacana seperti itu?

Tidak lain tidak bukan  karena kondisi ibukota Jakarta yang kini semakin memburuk, mulai dari bencana banjir,jumlah penduduk yang melampaui batas, isu kemacetan dan keruskan lingkungan.

Teman teman yang berdomisili di Jakarta pasti telah terbiasa untuk bersahabat dengan bencana banjir yang datang setiap tahun, entah itu pada musin penghujan atau  musin kemarau. Bahkan kawasan yang dulu tidak ikut terkena bencana tahunan ini, sekarang juga tidak ketinggalan terendam, sampai-sampai Istana Negara tidak bisa mengelak dari bencana banjir ini. Bencana ini menjadi wajar bila kita sedikit menilik bahwa 40% wilayah Jakarta memang berada di bawah permukaan laut,diperparah dengan laju penurunan permukaan tanah yang mencapai 4-10 cm pertahun karena penggunaan air tanah yang tak terkendali dan banyaknya gedung-gedung beton pencakar langit. Tidak mengherankan bila bencana banjir selalu rutin melanda Jakarta.

Selain bencana banjir, jumlah penduduk Jakarta yang  terlalu banyak semakin membuat ibukota ini tidak nyaman. Dari data statistik kependudukan yang diperoleh dari www.kependudukancapil.go.id menunjukan jumlah penduduk Jakarta per April 2010 mencapai 8.5 juta jiwa, belum lagi saat siang hari bisa bertambah sekitar 4 juta jiwa dari penduduk JABODETABEK yang bekerja di Jakarta. Hal itu semakin menambah kemacetan di ibukota.

Salah satu faktor utama lain yaitu isu kemacetan ibukota. Memang kemacetan menjadi sesuatu yang tidak bisa dihindari bila kita sedang berada di Jakarta. Sampai saat ini,  tidak kurang dari 8 juta kendaraan bermotor  memenuhi jalanan ibukota. Berbagai upaya telah ditempuh oleh pemerintah untuk menanggulangi masalah kemacetan ini, antara lain dengan membangun jalan tol baru, pengadaan busway hingga layanan transporasi sungai. Tetapi sampai saat ini hal-hal tersebut masih  kurang bisa dirasakan hasilnya. Sebagai tambahan, terdengar pula isu bahwa pada 2014 nanti Jakarta akan macet total..Waw…

Kerugian yang ditimbulkan dari kemacetan ini pun tidak sedikit. Menurut pakar lingkungan Fakultas Tehnik Universitas Indonesia Dr Firdaus Ali MSc, kerugian akibat kemacetan di ibukota ini mencapai Rp 28,1 triliun per tahunnya. Kerugian ini terdiri dari kerugian bahan bakar yang bisa menghabiskan hingga Rp10,7 trilun per tahun dihitung dari jumlah BBM yang terbuang karena macet, kerugian waktu produktif warga negara yang diperkirakan mencapai Rp9,7 triliun per tahun, biaya kesehatan ( stress dan polusi ) Rp5,8 triliun per tahun, dan kerugian yang diderita pemilik angkutan umum bisa mencapai Rp1,9 triliun per tahun karena berkurangnya jumlah rit yang bisa ditempuh angkutan umum akibat macet.  Jumlah yang sangat besar temen-temen.

Sebenarnya memang tidak salah ada wacana pemindahan ibukota ini. Pada tahun 1953 Presiden Sukarno juga telah menawarkan kepindahan ibukota ke Kalimantan, atau bisa ke Jonggol yang dulu pernah disiapkan pada masa Orde Baru. Entah kemanapun ibukota akan berpindah ( kalau jadi,,hehe) pastinya kita semua berharap, ibukota baru nanti dapat menjadi tempat yang lebih baik, dan tentunya harus mempertimbangkan secara matang faktor-faktor seperti ekonomi, politik, sosial budaya, dan lain-lain.

Maju Terus Indonesiaku!!!

Written by susiloadysaputro

27 Juli 2010 pada 2:04 PM

14 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. pindah purwokerto aja yuh..hehe😀

    wegaclubban

    27 Juli 2010 at 2:48 PM

  2. Pikir-pikir disitlah nek arep dipindah..

    Bawor

    29 Juli 2010 at 10:08 PM

  3. pindah ke mana ya kira-kira…😆

    dismas not dimas

    30 Juli 2010 at 4:53 AM

  4. mmmm…..ke dolok sanggul aja la biar dekat ke tempat q

    riwan

    4 Agustus 2010 at 4:09 PM

  5. mudah2an ja ke dolok sanggul ya….

    riwan tumanggor

    4 Agustus 2010 at 4:10 PM

  6. kepaindahan ibu kota negara dapat menghilangkan ego dari orang daerah setempat, bagussss……… biar gak belaguuuuu…

    herma

    10 Agustus 2010 at 9:37 AM

  7. Walau bagaimanapun pemindahan ibukota perlu persiapan yang matang dan biaya yang besar. Klo menurutku benerin aja dulu transportasi Jakarta.😉

    Lucky dc

    20 Agustus 2010 at 8:08 PM

  8. katanya denger2 mau dipindah ke banyumas daerahnya curug cipendok.karena kalo di kalimantan banyak yg harus di bebaskan rumah warga tapi kalo di curug cipendok yang dikorbankan hutannya……kira2 setuju gk ya ….. kalo menurutqu sih jgn…..soalnya tau sendiri pemerintahan sekarang cuma mikirin perut2 sendiri.

    rahul

    30 Agustus 2012 at 6:09 PM

  9. lebih baik pindah ke purwokerto aja !!! wkwkwk

    vidya

    1 Februari 2013 at 1:32 PM


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: