Anak Banyumas' Blog

Jangan tanyakan apa yang bisa kita dapat,tapi tanyakan apa yang bisa kita beri

Panduan Pemula Optimasi Mesin Penelusuran Google (Search Engine Optimization)

with 7 comments

SEO atau Search Engine Optimization mungkin banyak diminati banyak blogger ataupun penikmat web. Selain dapat meningkatkan traffic, kontes kontes SEO yang menawarkan banyak hadiah menjadi daya tarik sendiri. Walaupun saya sebenarnya kurang tertarik mengenai SEO, pada postingan kali ini, saya coba share informasi yang saya dapatkan dari sebuah e-book mengenai panduan SEO untuk pemula seperti saya ini.

Untuk memulai berkakir di dunia SEO ( terutama Google sebagai mesin pencari terbesar saat ini ) langkah-langkah yang bisa diikuti antara lain :

1. Buat judul laman yang unik, akurat.

Tag judul memberitahu pengguna dan mesin penelusuran mengenai topic tertentu suatu laman. Idealnya, judul yang unik diperlukan untuk setiap laman pada situs Anda.

2. Menggunakan meta tag “description”

Halaman Deskripsi meta tag memberikan Google dan mesin penelusuran lainnya ringkasan mengenai suatu laman.

3. Tingkatkan struktur URL

coba bandingkan alamat URL : https://anakbanyumas.wordpress.com/folder1/0333021/x1/334256/ dengan https://anakbanyumas.wordpress.com/2010/09/19/panduan-pemula-optimasi-mesin-penelusuran-google/.

Mana yang lebih enak dilihat??

4. Buatlah situs agar lebih mudah untuk dinavigasi

Navigasi situs web penting dalam membantu pengunjung menemukan isi yang mereka inginkan secara cepat. Hal ini juga dapat membantu mesin telusur memahami isi konten yang dianggap penting oleh webmaster.

5. Tawarkan konten dan layanan yang berkualitas

Membuat konten kompel dan berguna akan lebih mempengaruhi situs web Anda dibandingkan faktor lain yang didiskusikan di sini. Pengguna mengetahui konten yang bagus ketika mereka melihat konten tersebut dan mungkin akan mengarahkan pengguna lain ke konten tersebut. Ini bisa melalui posting blog, layanan media sosial, email, forum, atau media lain.

6. Tulis teks pengait yang lebih baik

Teks pengait adalah teks yang dapat diklik yang akan dilihat pengguna sebagai hasil dari tautan, dan terletak di antara tag pengait.

7. Gunakan tag heading sewajarnya

8. Optimalkan penggunaan gambar

Gambar dapat menjadi komponen langsung dari situs Anda, tapi penggunaannya dapat dioptimalkan. Semua gambar dapat memiliki nama yang berbeda dan atribut “alt”, yang harus Anda manfaatkan.

9. Promosikan situs web Anda dengan cara yang benar

Sementara kebanyakan tautan ke situs Anda akan didapat secara perlahan, saat orang menemukan konten Anda melalui penelusuran atau cara lain dan tertaut padanya, Google memahami Anda ingin orang lain mengetahui tentang kerja keras yang dilakukan untuk konten ini. Mempromosikan konten baru Anda secara efektif akan mengacu pada penemuan yang lebih cepat bagi mereka yang tertarik pada subyek yang sama. Bersama dengan banyaknya poin yang tercakup dalam dokumen ini, mengarahkan rekomendasi kepada tindakan ekstrim sebetulnya dapat membahayakan reputasi situs.

10. Manfaatkan alat webmaster gratis

contoh : http://www.google.co.id/webmaster

image by 17cry.com

Written by susiloadysaputro

19 September 2010 pada 10:30 AM

Ditulis dalam Tips dan keilmuan

Tagged with , ,

7 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. wah menarik nieh…makasih ya infonya..

    novicefoot

    19 September 2010 at 11:52 PM

  2. Hey,what it come down to it`s interesting

    maria

    20 September 2010 at 8:12 AM

  3. Wah sepertinya sudah expert neh sob heheh πŸ™‚
    Keep blogging

    Lucky dc

    22 September 2010 at 7:49 AM

  4. Slm knl ya.., maen kesini cari info sambil bljar seo.., thanks ya sharenya..

    salubiru

    13 Oktober 2010 at 6:44 PM


Tinggalkan komentar