Anak Banyumas' Blog

Jangan tanyakan apa yang bisa kita dapat,tapi tanyakan apa yang bisa kita beri

Kadang Sandbox Avast Malah Menyusahkan!!

leave a comment »

AutoSandbox, pasti temen-temen udah pada tau salah satu feature dari anti virus Avast ini. Additional Protection ini akan mengalihkan program atau web page yang kita buka  yang disinyalir berbahaya bagi komputer kita kedalam sandbox. Program yang di sandboxing masih bisa dijalankan, namum semua file yang di save melalui program tersebut akan tersimpan bukan di folder default-nya, namun di hidden folder buatan Avast. Dan sekarang fasilitas sandbox ini ada layanan Auto-nya. Walaupun sebenarnya kita masih bisa melakukan pengaturan untuk melakukan Ask terlebih dahulu dan bisa membuat pengecualian bagi program tertentu, namun apabila yang make komputer orang lain dan kurang paham masalah beginian, ketika di Ask pasti akan memilih menjalankan di sandbox karena ada tulisan recommended-nya. Nah ini yang kadang menjadi suatu masalah.

Setelah googling kemana-mana, ternyata file yang di sandbox akan disimpan pada hidden folder bernama ##aswSnx private storage yang baru bisa keliatan kalo kita uninstall Avast atau menjalankan program snxConfig.exe yang temen2 bisa cari di forum Avast. Pada forum tersebut ada yang bilang setelah program yang disandboxing di terminated atau dimatikan maka semua file akan otomatis dihapus, ada juga yang bilang kalo file itu tetep kesimpan di sub folder di dalam folder ##aswSnx private storage. Karena ada program penting yang dibuka melalui sandbox, dan ketika dicek data penting itu ternyata di folder default-nya gak ada, otomatis indikasi awalnya pasti gara-gara si sandbox Avast itu.  Dengan aplikasi snxConfig.exe coba dibuka tu folder private storage. Caranya :

1. Tutup semua aplikasi yang ter-sandbox

2. Jalankan aplikasi

3 Uncheck bagian Hide$target data.

4. Klik Apply lalu OK

Taraaa…ternyata folder ##aswSnx private storage muncul juga di setiap drive. Setelah dibuka ternyata ada satu sub folder dan file tanpa ekstensi. Dan ternyata sub folder itu setelah dibuka tulisannya empty alias kosong.

Lah terus kemana data-datanya?? Apa bener ke-delete??

Setelah dicari infonya lagi, kebanyakan merekomendasikan cara yang sama, namun ada yang bilang coba buat direcovery ulang datanya pake aplikasi Recuva. Oke setelah direcovery pake Recuva dengan normal mode, datanya masih belum ketemu. Terus sekarang lagi coba pake mode yang lebih dalem pake Recuva…Berharap masih ada.

Kalau punya informasi buat nyelesein problem ini, sangat ditunggu recomendasi dari temen-temen..😦 Matur nuwun terimakasih

 

 

Written by susiloadysaputro

6 Juli 2012 pada 5:11 PM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: