Anak Banyumas' Blog

Jangan tanyakan apa yang bisa kita dapat,tapi tanyakan apa yang bisa kita beri

Interface Jaringan GSM

leave a comment »

Mas bro mba sist sekalian, tulisan sore saya kali ini akan membahas mengenai interface pada jaringan GSM. Mungkin ilmunya uda jadul ini ya,,hehe, Tapi semoga masih bisa bermanfaat bagi adik adik atau temen temen yang lagi belajar tentang jaringan GSM. Tulisan ini disarikan dari beberapa sumber dan menjadi salah satu sub bab di laporan Kerja Praktik ane,hehe.

Pada dasarnya interface jaringan GSM terbagi atas dua jenis, yaitu interface yang menggunakan medium udara dikenal dengan air interface, dan interface yang menggunakan medium kabel konduktor yang dikenal dengan A interface. Namun sejatinya pada jaringan GSM tidak hanya menggunakan kedua interface tersebut. Interface yang digunakan antara lain :

1. A Interface

Interface ini pada arsitektur jaringan GSM menghubungkan BSS dan MSC. Dengan menggunakan standart 64 Kbps kanal untuk signaling dan traffic. Protocol utama pada interface ini adalah DTAP (Direct Transfer Application) dan BSSMAP (Base Station Subsystem Management Application Part).

2. A-sub Interface

Interface ini diimplementasikan sebagai hubungan 2 Mbps antar TRAU dan BSC yang membawa kanal traffic dan pensinyalan submultipleks traffic chanel membawa empat koneksi.

3.  A-bis Interface

Interface ini diwujudkan juga dalam hubungan 2 Mbps yang digunakan untuk melayani pertukaran pesan yang memiliki asal dan tujuan yang berbeda antara BTS dan BSC. Sebagaimana pada interface A sub, prinsip submultipleks juga digunakan.

BSS terdiri dari BSC yang mengontrol satu atau lebih BTS yang berisi beberapa TRX (Transmiter Receiver). Abis Interface mempunyai kemampuan mendukung tiga konfigurasi BTS internal yang berbeda yaitu :

  • Satu TRX
  • Bebrapa TRX yang semuanya dilayani oleh satu kanal fisik secar bersamaan
  • Beberapa TRX yang masin-masing mempunyai kanal fisik

4. Air Interface (Um Interface)

Air Interface merupakan jalur penghubung antara BTS dan MS. Interface ini menggunakan teknik Time Division Multiple Access (TDMA) untuk jalur kirim dan terima dan pensinyalan informasi antar MS dan BTS. Interface ini digunakan untuk melayani pertukaran pesan antara BTS dan pengguna melalui frekuensi radio dan menentukan pesan yang tepat untuk pengguna.

Layer 1 merupakan bagian dari air interface yang tugasnya adalah sebagai logical chanel. Chanel di air interface dibagi dua kelompok penting yaitu:

  • Traffic Chanel (TCH)
  • Signaling Chanel

Layer 2 merupakan media untuk access protocol dalam hal ini digunakan untuk LAPD (Link Acces Protocol Dedicated) Chanel, yang juga berfungsi untuk melindungi transmisi jika terjadi gangguan.

Written by susiloadysaputro

18 Juli 2012 pada 4:39 PM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: