Anak Banyumas' Blog

Jangan tanyakan apa yang bisa kita dapat,tapi tanyakan apa yang bisa kita beri

Implant Retina Untuk Memperbaiki Penglihatan

leave a comment »

Positngan kali ini adalah tugas saya pada matakuliah topik khusus telekomuniasi : Biomedical Engineering yang diasuh oleh Bapak Basari. Selamat membaca, semoga bermanfaat🙂

Wireless Retinal Implant Generasi 1.5
Oleh Susilo Ady Saputro (0906556370)

Wireless Retinal Implant Generasi 1.5 merupakan bagiandari Retinal Implant Project yang ditujukan untuk menanggulangi penyakit retinis pigmentosa dan degenerasi macular yang disebabkan oleh faktor usia, dimana penyakit tersebut menyebabkan rusaknya fotoreseptor pada retina bagian luar. Pasien akan menggunakan kamera yang terpasang pada sebuah kacamata, kemudian kamera tersebut mengirimkan gambar yang diperoleh ke implant yang terpasang di dalam mata.

Sebenarnya pengembangan wireless retinal implant ini sudah melalui berapa tahap. Tahap pertama (generasi pertama) dilakukan pada tahun 2007-2008 yang di uji cobakan pada seekor babi. Namun karena beberapa alasan, generasi pertama ini tidak cocok untuk transplantasi pada manusia, sehingga dilakukan pengembangan untuk generasi berikutnya  (Generasi 1.5).


Gambar diatas adalah Generasi 1.0. Generasi 1.5 menggunakan chip yang sama dengan generasi sebelumnya yaitu sebuah  25.000 transistor stimulator chip. Daya dan data ditransmisikan ke implant  melalui media medan RF dari kawat transmitter primer yang terpasang pada kacamata, kemudian kawat receiver dipasang disekitar kornea. Electrode array dipasang pada area subretinal dibawah retina.

Pada Gambar 2 bagian atas, terlihat bahwa semua elektronik device terpasang secara rapat pada bungkus titanium dengan 19 pin yang terkoneksi dengan rangkaian flex eksternal. Kawat daya dan data dipasang pada mata mengelilingi iris. Pada gambar bagian kiri bawah, terdapat  kamera eksternal pada kacamata untuk menangkap gambar, kemudian secara nirkabel mengirimkannya ke kawat receiver yang dipasang pada sekeliling iris pada mata. Pada bagian kanan bawah, terlihat electrode array yang dipasang dibawah retina melewati scleral flap dibelakang conjunctiva.

Referensi : Prof. John L. Wyatt, Jr. The Retinal Implant Project Chapter 29.

 

Written by susiloadysaputro

24 September 2012 pada 11:25 AM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: