Anak Banyumas' Blog

Jangan tanyakan apa yang bisa kita dapat,tapi tanyakan apa yang bisa kita beri

Worldwide Interoperability for Microwave (WiMAX)

leave a comment »

wimaxWiMAX merupakan suatu teknologi akses nirkabel pita lebar yang dibangun berdasarkan standar Institute of Electrical and Electronics Engineering (IEEE) 802.16. Teknologi WiMAX mampu mentransfer data dengan kecepatan dan cakupan area yang jauh lebih baik. Saat ini teknologi WiMAX telah dikembangkan lagi menjadi teknologi untuk komunikasi bergerak, yang dinamakan dengan mobile WiMAX. Hal ini didorong oleh banyaknya permintaan dari konsumen untuk dapat tetap mengadakan komunikasi di mana saja dan kapan saja.

Standar IEEE 802.16 WiMAX

Berdasarkan standar IEEE802.16, WiMAX awalnya beroperasi pada frekuensi 10-66 GHz dan line of sight. Kemudian teknologi WiMAX ini semakin dikembangkan agar dapat beroperasi pada frekuensi yang lebih rendah.  Pengembangan ini akhirnya menuju pada IEEE 802.16a yang disahkan pada bulan Maret 2004, dengan menggunakan frekuensi yang lebih rendah yaitu sebesar 2-11 GHz. Kelebihan dari IEEE 802.16a ini yaitu mudah diatur dan tidak memerlukan line of sight.

Standar IEEE 802.16a kemudian direvisi menjadi IEEE 802.16b yang menekankan segala keperluan dan permasalahan dengan Quality of Service (QoS). Kemudian IEEE 802.16c yang menekankan pada interoperability dengan protokol-protokol lain. IEEE 802.16e menekankan pada penggunaan secara Mobile. IEEE 802.16e mencakup lapisan fisik dan medium access control untuk menggabungkan layanan komunikasi fixed dan mobile dalam satu pitaterlisensi. WiMAX dapat mencakup area sekitar 5 km dan kecepatan pengiriman data sebesar 70 Mbps.

 

Spektrum Frekuensi WiMAX

Secara umum terdapat beberapa alternatif frekuensi untuk teknologi WiMAX sesuai dengan pita frekuensi dunia. Alternatif frekuensi ini ditetapkan sesuai dengan ketetapan spektrum frekuensi IEEE 802.16 WiMAX. IEEE 802.16 WiMAX menetapkan dua pita frekuensi utama pada certification profile untuk fixed WiMAX  yaitu band 3,5 GHz dan 5,8 GHz. Sedangkan pada mobile WiMAX ditetapkan empat band frekuensi pada system profile release-1, yaitu band 2,3 GHz, 2,5 GHz, 3,3 GHz dan 3,5 GHz.

Berdasarkan ketetapan IEEE 802.16 WiMAX di atas, beberapa negara menggunakan band frekuensi 3,5 GHz sebagai frekuensi mayoritas fixed WiMAX. Hal ini berlaku terutama untuk negara-negara di Eropa, Kanada, Timur-Tengah, Australia dan sebagian Asia. Sementara frekuensi yang mayoritas digunakan untuk mobile WiMAX adalah 2,5 GHz. Untuk di Indonesia, pemerintah telah menetapkan bahwa frekuensi untuk WiMAX ini adalah 2,35 GHz.

Written by susiloadysaputro

18 Desember 2012 pada 12:04 AM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: