Anak Banyumas' Blog

Jangan tanyakan apa yang bisa kita dapat,tapi tanyakan apa yang bisa kita beri

kerja dulu atau langsung lanjut kuliah?

with 3 comments

“Mau kerja dulu atau langsung lanjut kuliah?”, pertanyaan seperti itu mungkin akan banyak didengar mahasiswa semester akhir kaya saya ini. Memang menjelang selesai kuliah (aamiiin ^^), kami yang notabene bukan lagi anak ABG mulai menggalau lagi, bukan masalah cinta tapi karena memikirkan masa depan, hehe. YA MASA DEPAN. Bagian ini akan menjadi tonggak awal goresan tinta emas masa depan kami semua, hehehe, lebay.

Setiap pribadi pasti akan memiliki pandangan dan pilihan yang berbeda-beda. Sampai saat ini pun saya belum menemukan jawaban yang pas dan mantap bila diberi pertanyaan itu. Salah satu dari keduanya memang harus dipilih, apalagi bagi mahasiswa yang hendak melanjutkan studi ke luar negeri.

Untuk saya pribadi kadang berpikir untuk langsung melanjutkan kuliah, mumpung masih muda, dan orang tua pun meng-amini dengan “mumpung masih bisa membiayai”, walaupun dalam hal ini saya hanya akan melanjutkan kuliah dengan mencari beasiswa. Kapan lagi punya cukup waktu untuk sekolah?? Kapan lagi punya waktu untuk menimba ilmu di negeri orang?? Apalagi saya hanyalah calon sarjana teknik yang sudah jutaan banyaknya dan tidak ada jaminan mendapat pekerjaan.

Sepertinya ideal sekali, lulus kemudian langsung dapat beasiswa ke luar negeri. Ya memang semua mahasiswa mungkin menginginkan jackpot seperti itu. Tapi satu kendala bagi saya dan mungkin kebanyakan mahasiswa pribumi, hehe. TOEFL. Boleh diibaratkan hanya TOEFL yang tidak menginginkan saya belajar ke luar negeri. Sedikit menyesal tidak suka pelajaran bahasa dan kurang menyukai bahasa inggris dulu. Beruntunglah mahasiswa yang memang suka dengan bahasa orang bule yang satu ini. Apabila TOEFL sudah ditangan, minimal kita mempunyai semua persyaratan dan dokumen untuk apply beasiswa (^_^). Mau tidak mau, yang ingin melanjutkan ke luar negeri, mulai sekarang bolehlah ikut kursus bahasa inggris, meskipun mahal anggap saja itu sebagai sebuah investasi jangka panjang.

Ditengah keinginan untuk melanjutkan studi, kadang juga terbersit keinginan untuk mencari pengalaman kerja dulu. Dengan harapan nantinya bisa mencari beasiswa dari perusahaan atau mencari beasiswa yang mensyaratkan pengalaman kerja. Namun, saya pun masih sering bertanya pada diri sendiri, apakah yakin masih ada keinginan untuk melanjutkan sekolah bila terlanjur nyaman dengan pekerjaan?? ya itulah yang masih belum bisa saya jawab.

Pada akhirnya, bila ditanya mau kerja dulu apa langsung lanjut kuliah? Saya hanya bisa menjawab mau mencoba mencari dua-duanya, tawaran beasiswa dan lowongan pekerjaan. Apabila dapat beasiswa terlebih dahulu ya berarti sekolah dulu, bila dapat kerja dulu ya berarti cari pengalaman kerja yang pertama. Jawaban yang kurang tepat memang, semoga dalam waktu dekat ini bisa mendapat jawaban yang pas dan sungguh-sungguh.

Terus bagaimana dengan teman-teman??

Note : mungkin alangkah baiknya mulai mencari informasi sebanyak-banyaknya, entah beasiswa maupun lowongan pekerjaan. karena orang yang berhasil bukan orang yang mempunyai kemampuan lebih, namun yang memiliki informasi lebih. CMIIW ^^

Written by susiloadysaputro

10 Februari 2013 pada 7:37 AM

Ditulis dalam opini

Tagged with , ,

3 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. kunjungan perdana gan, thanks

  2. Suka dg post ini.. Saya jg berada pd sudut pandang/pemikiran yg sama persis dg Anda thd pertanyaan tsb

    jnl

    18 Mei 2013 at 9:11 PM


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: