Anak Banyumas' Blog

Jangan tanyakan apa yang bisa kita dapat,tapi tanyakan apa yang bisa kita beri

Sumber Referensi Ilmiah Indonesia

with one comment

Dalam dunia pendidikan, terutama jenjang SMA dan Perguruan Tinggi, kita sudah tidak asing lagi dengan penyusunan karya tulis ilmiah ataupun hanya sekedar essay. Ketika kita duduk di bangku SMA,kita mulai diperkenalkan dengan penyusunan karya tulis ini, walaupun mungkin di SMA kita baru terbatas dalam penyusunan laporan dan essay ringan. Tetapi setelah masuk bangku kuliah, kita sudah dihadapkan pada penyusunan karya ilmiah yang harus baik bila ditinjau dari segi akademik dan sistematik. Dalam penyusunan karya tulis ilmiah ini, sudah barang pasti kalau referensi karya tulis menjadi salah satu hal yang paling penting. Dari hasil pengamatan dan pengalaman pribadi, saya melihat kalau pelaku akademik banyak mencari referensi untuk karyanya melalui internet, entah itu melalui pencarian search engine, maupun link-link pendidikan yang ada. Tetapi kecenderungan yang ada, banyak siswa dan mahasiswa yang mencari sumber referensi melalui pencarian search engine. Memang hal ini sangat mudah dan cepat, ditambah lagi dengan kepercayaan bahwa search engine mengetahui segalanya dan anggapan kalau semua apa yang kita cari akan bisa dipenuhi oleh search engine. Tapi pertanyaannya sekarang, apakah semua informasi yang didapat melalui search engine bisa dipertanggungjawabkan??? Ini adalah urusan si pengguna yang harus pintar memilah-milah informasi yang dianggap valid, berkualitas, dapat diterima secara akademik, dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
Tapi jangan pernah khawatir tidak bisa mendapatkan referensi yang baik, Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi sudah memberikan jawabannya.

garuda.dikti.go.id,

merupakan Garba Rujukan Digital (Garuda) yang merupakan sumber referensi ilmiah yang disediakan oleh Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi. Alamat ini berisi kumpulan-kumpulan paper ilmiah dari para dosen Perguruan Tinggi, LIPI, dan dari instansi pendidikan lainnya. Tentunya karya-karya tulis yang tersedia telah teruji kebenarannya, dan pasti dapat digunakan sebagai sumber referensi yang berkualitas. Tetapi sudah barang tentu, kita perlu memilah-milahnya agar sesuai dengan tema karya yang akan kita buat. Jadi, jangan bingung-bingung lagi untuk mencari sember referensi ilmiah, tinggal klik garuda.dikti.go.id, semua teratasi.

Written by susiloadysaputro

15 Februari 2010 pada 10:15 PM

Satu Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Terima kasih untuk informasinya, jadi tahu perkembangan ilmu di Indonesia dengan garuda.dikti.go.id. Tapi, bidang saya “agak langka” dikembangkan di Indonesia. Jadi, saya bisanya cari di Sciencedirect atau Web of Science.

    yantiyuliantiblog

    18 Februari 2010 at 9:42 AM


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: