Anak Banyumas' Blog

Jangan tanyakan apa yang bisa kita dapat,tapi tanyakan apa yang bisa kita beri

Kenali Karakter Para Guru Di Kelasmu

with 4 comments

Post tentang karakter guru ini aku buat khusus buat kamu-kamu yang masih SMP, SMA atau masih SD mungkin. Terlebih buat kamu-kamu yang mungkin agak pemalas dalam mengikuti pelajaran. Boleh percaya atau tidak, mengenali karakter setiap guru mata pelajaran merupakan salah satu dari sekian banyak faktor kesuksesan dalam kegiatan studi kamu.

Oke, langsung saja sobat. Aku kelompokkan ke dalam beberapa kriteria :

Perfeksionis
Sobat perlu sedikit waspada dengan tipe ini. Tipe perfeksionis ini biasanya menuntut kamu untuk mengerjakan segala sesuatu dengan cepat dan tepat seolah-olah kita siswa-siswi yang super jenius. Artinya, kemauan atau permintaan nya terkadang memaksa kita untuk mengerjakan sesuatu di luar kemampuan kita. Mungkin yang tipe inilah yang sobat bilang “galak” dan pelit nilai.

Super Perhatian
Sobat juga jangan meremehkan yang satu ini. Karakter yang satu ini umumnya menghitung jumlah murid yang masuk di kelas untuk mengetahui apakah ada yang bolos atau tidak. Jika kelas kamu ada denah kelas, beliau (kalau sudah berumur) atau belia kalau masih muda, akan mencocokkan posisi duduk kamu dengan denah itu. Kegiatannya yang takkan terlewatkan yaitu keliling kelas dan melihat apa yang dikerjakan anak didiknya. Apakah PR sudah dikerjakan atau belum.

“Aras Arasen” Alias Kurang Semangat
Karakter ini dapat menularkan aura negatif. Kita dapat terbawa ke situasi yang kurang kondusif alias jadi tambah malas dalam mengikuti pelajaran.

Pintar
Karakter pintar dapat dibagi menjadi dua. Yaitu pintar dalam pelajaran yang diajarkannya dan pintar dalam mengajarkan materi sehingga kita cepat memahami yang beliau ajarkan. Alangkah baiknya jika pintar keduanya. Kalau pilih salah satu, lebih baik yang pintar mengajar. Karena kita sekolah untuk dapat ilmu. Bukan untuk disombongin orang. Percumakan kalo pintar tapi ilmunya nggak bisa tersalurkan ke kita.

Atraktif dan Penuh Semangat
Tipe yang ini biasanya membuat anak didik terpukau. Karena ada aura positifnya. Kita jadi terbawa untuk lebih semangat dalam pelajaran. Tipe ini dapat merubah mood kita jadi lebih baik. Sangat bermanfaat jika guru tipe ini mengajar pada 2 jam pelajaran terakhir.

Super Sensitif
Tipe ini terkadang cukup menyebalkan. Di sekolahku ada yang pendengarannya sangat sensitif. Begini penjelasannya: jika ada 2 siswa duduk persis di hadapannya dan 2siswa tersebut mengobrol dengan volume lumayan keras, sang guru tidak dengar. Eh, tapi yang pada duduk di belakang dan ngomongnya cuma pelan-pelan, kok beliau bisa dengar ya. Wah ajaib. Yang dekat nggak kedengaran, tapi yang jauh kok kedengaran. Pakai sensor kali ya. Aneh pol. Boleh percaya boleh tidak tapi ini nyata.

Sekian dulu sobat. Tulisan ini dibuat tanpa mengurangi rasa hormat sedikitpun terhadap sang pahlawan tanpa tanda jasa. Bagaimanapun juga semua yang dilakukan guru kita adalah untuk membuat kita menjadi lebih baik.

sumber : http://dismas070492.wordpress.com

Written by susiloadysaputro

14 Februari 2010 pada 12:21 AM

Ditulis dalam Tips dan keilmuan

Tagged with ,

4 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Hehe,,postingan keren,,,
    semoga guru2nya pada ngerti,,termasuk tipe apakah
    dirinya?😉

    iin syah

    15 Februari 2010 at 10:06 PM

  2. guru: digugu lan ditiru (dipercaya dan ditiru)
    tentunya karakter manusia berbeda karena setiap manusia unik (tidak ada yang sama persis) tapi setiap individu selalu ada positif dan negatif, tugas kita sebagai pencari ilmu memilah dan memaksimalkan potensi positif dan potensi negatif karena semua potensi berguna (Allah mencipta sesuatu pasti ada hikmahnya)
    btw.
    thanks kunjungan ke jaluningjagad.wordpress.com

    jaluningjagad

    14 Maret 2010 at 12:56 PM

  3. sip..bener banget, thank jg buat comentnya ya

    susiloadysaputro

    15 Maret 2010 at 10:10 AM


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: